Sunday 18 May 2014

Perjalanan Dahsyat Isra' Miraj Nabi Muhammad saw 27 Rajab

Kisah ISRA’ MI’ RAJ Nabi Muhammad SAW



            Pada suatu malam, atap rumah Nabi Muhammad saw terbuka, kemudian turun Jibril AS, lalu Jibril membelah dada beliau yang mulya sampai di bawah perut beliau, lalu Jibril berkata kepada Mikail: “Datangkan kepadaku nampan dengan air zam-zam agar aku bersihkan hatinya dan aku lapangkan dadanya”. Dan perlu diketahui bahwa penyucian ini bukan berarti hati Nabi kotor, tidak, justru Nabi sudah diciptakan oleh Allah dengan hati yang paling suci dan mulya, hal ini tidak lain untuk menambah kebersihan diatas kebersihan, kesucian diatas kesucian, dan untuk lebih memantapkan dan menguatkan hati Beliau, karena akan melakukan suatu perjalanan maha dahsyat dan penuh hikmah serta sebagai kesiapan untuk berjumpa dengan Allah SWT. Kemudian Jibril AS mengeluarkan hati beliau yang mulya lalu menyucinya 3 kali, kemudian didatangkan satu nampan emas dipenuhi hikmah dan keimanan, kemudian dituangkan ke dalam hati beliau, maka penuhlan hati itu dengan kesabaran, keyakinan, ilmu dan kepasrahan penuh kepada Allah, lalu ditutp kembali oleh Jibril AS.

Setelah itu disiapkan untuk Baginda Rasulullah binatang Buroq. Dalam perjalanan, Jibril menemani disebelah kanan beliau, sedangkan Mikail di sebelah kiri Beliau. Mereka terus melaju, mengarungi alam Allah SWT yang penuh keajaiban dan hikmah dengan Inayah dan RahmatNya, ditengah-tengah perjalanan Beliau turun di Thoybah (Nama lain dari Madinah), Madyan, bukit Thur Sina, Bait Lahm (Betlehem, Baitul Maqdis) Beliau turun dan melakukan sholat ditempat-tempat itu. Setelah melanjutkan perjalanan kembali Nabi Muhammad saw dan Jibril As menjumpai hal-hal yang tak terduga, seperti kamu yang menanam benih pada hari itu dan langsung tumbuh besar dan dipanen hari itu juga Jibril menjawab mereka adalah para mujahid fi sabilillah, orang yang mati syahid di jalan Allah kebaikan mereka dilipatgandakan sampai 700 kali. Ditenggah perjalanan, Beliau juga bertemu dengan sekelompok kaum yang menghantamkan batu besar ke kepala mereka sendiri sampai hancur, setiapkali hancur kepala yang remuk itu kembali lagi seperti semula dan begitu seterusnya. Jibril menjelaskan mereka adalah manusia yang merasa berat dalam menjalankan kewajiban sholat. Kemudian beliau juga bertemu sekelompok kaum, di hadapan mereka ada daging yang baik yang sudah masak, sementara disisi lain ada daging yang mentah lagi busuk, tapi ternyata mereka lebih memilih untuk menyatap daging yang mentah lagi busuk, ketika Rasulullah menanyakan perihal ini, Jibril menjawab: “Mereka adalah manusia melakukan selingkuh disaat mereka hidup”. Ketika Beliau melanjutkan perjalanan, tiba-tiba seseorang memanggil Beliau dari kanan: “Wahai Muhammad, aku meminta kepadamu agar kamu melihat aku”, tapi Rasulullah tidak memperdulikannya. Kemudian Jibril menjelaskan bahwa itu adalah panggilan Yahudi. Begiu pula Beliau mendapat seruan serupa dari sbelah kirinya, yang tidak lain adalah panggilan nashrani, namun nabi tidak menjawabnya. Walhamdulillah. Kemudian tiba-tiba muncul di hadapan Beliau seorang wanita dengan segala perhiasan di tangannya dan seluruh tubuhnya, dia berkata: “Wahai Muhammad lihatlah kepadaku”, tapi Rasulullah tidak menoleh kepadanya, Jibril berkata: “Wahai Nabi itu adalah dunia, seandainya anda menjawab panggilannya maka umatmu akan lebih memilih dunia daripada akhirat”.

Demikianlah perjalanan ditempuh oleh Beliau dengan ditemani Jibril dan Mikail, begitu banyak keajaiban dan hikmah yang beliau temui dalam perjalanan itu sampai akhirnya Beliau berhenti di Baitu Maqdis (Masjid al Aqsho), di situ Beliau menjadi imam untuk para Nabi yang diutus oleh Allah pada sholat waktu itu. Beliaulah Imam (Pemimpin) para Anbiya” dan Mursalin. Setelah melakukan Isra” dari Makkah al Mukarromah sampai ke Masjid al Aqsha, Baitul Maqdis, kemudian beliau disertai malaikat Jibril AS siap untuk melanjutkan Mi”raj yakni naik menembus berlapis langit ciptaan Allah yang Maha Perkasa untuk mengahadap Allah SWT. Ketika Beliau dan Jibril sampai didepan pintu langit pertama, ternyata disana berdiri malaikat Ismail, setelah Ismail membuka pinta langit pertama malaikat yang bermukim disana menyambut Beliau. Setelah memasukinya Beliau bertemu Nabi Adam dengan bentuk dan postur sebagaimana pertama kali Allah menciptakannya. Disitu Beliau juga melihat beberapa kelompok yang menerima siksaan karena meniggalkan perintah Allah. Kemudian beliau naik ke langit kedua, di langit ini beliau berjumpa Nabi Isa bin Maryam dan Nabi Yahya bin Zakariya. Kemudian tiba saatnya Beliau melanjutkan ke langit ketiga, setelah disambut baik oleh para malaikat, beliau berjumpa dengan Nabi Yusuf bin Ya”kub. Ketika tiba dilangit keempat, beliau berjumpa Nabi Idris AS. Kembali beliau mendapat jawaban salam dan do’a yang sama seperti nabi-Nabi sebelumnya. Di langit kelima, beliau berjumpa Nabi Harun bin “Imran AS, separuh janggutnya hitam dan separuhnya lagi putih (karena Uban), lebat dan panjang. Setelah sampai dilangit keenam, beliau berjumpa dengan nabi dengan umatnya masing-masing. Pada langit keenam inilah beliau berjumpa Nabi Musa AS, Nabi saw bersalam kepadanya dan dijawab oleh beliau disertai dengan do’a. Setelah Rasulullah melewati Nabi Musa, beliau menangis. Kemuadia ditanya akan hal tersebut. Beliau menjawab: “Aku menangis karena seorang pemuda yang diutus jauh setelah aku, tapi umatnya lebih banyak masuk surga daripada umatku”. Kemudian Rasulullah saw memasuki langit ketujuh, disana beliau berjumpa Nabi Ibrahim AS sedang duduk  diatas kursi dari emas disisi pintu surga sambil menyandarkan punggungnya pada Baitul Makmur, di sekitarnya berkumpul umatnya. Setelah Rasulullah bersalam dan dijawab salam dan do’a sambutan yang baik, Nabi Ibrahim berpesan: “Perintahkanlah umatmu untuk banyak menanam tanaman surga, sungguh tanah surga sangat baik dan sangat luas”. Rasulullah bertanya: “Apakah tanaman surga itu?”, Nabi Ibrahim menjawab: “(Dzikir) Laa haula wa laa quwwata illa billahi “adziim”.

Setelsh berada ditempat yang ditentukan oleh Allah, tempat yang tidak seorang makhlukpun diizinkan berdiri disana, tempat yang tidak seorangpun makhluk mampu mencapainya, Beliau melihatnya dengan mata Beliau yang mulya. Kemudian disitulah ada taluk ulur kewajiban menjalankan sholat Allah mewajibkan kepadaku (dan umatku) 50 sholatsehari semalam, lalu aku turun kepada Musa (di langit ke enam), lalu dia bertanya: “Apayang telah Allah wajibkan kepada umat anda?” Aku menjawab: “50 sholat”, Musa berkata “Kembalilah kepada Rabbmu dan mintalah keringanan sebab umatmu tidak akan mampu untuk melakukannya”, maka aku kembali kepada Allah agar diringankan untuk umatku, lalu diringankan 5 sholat (jadi 45 sholat), lalu aku turun kembali kepada Musa, tapi Musa berkata: “Sungguh umatmu tidak akan mampu melakukannya, maka mintalah sekali lagi keringanan kepada Allah”. Maka aku kembali lagi kepada Allah, dan demikianlah terus aku kembali kepada Musa dan kepada Allah sampai akhirnya Allah berfirman: Wahai Muhammad, itu adalah kewajiban 5 sholat sehari semalam, setiap satu sholat seperti dilipatgandakan menjadi 10, maka jadilah 50 sholat”.  Maka aku beritahukan hal ini kepada Musa namun tetap dia berkata: “Kembalilah kepada Rabbmu agar minta keringanan”, Maka aku katakan kepadanya: “Aku telah berkali-kali kembali kepadaNya sampai aku malu kepadaNYa”.


Setelah beliau menerima perintah ini, maka beliau turun sampai akhirnya menaiki buruq kembali ke kota Makkah al Mukarromah, sedang saat itu masih belum tiba fajar. Pagi harinya beliau memberitahukan mukjizat yang agung ini kepada umatnya maka sebagian besar diantara mereka mendustakan bahkan mengatakan nabi telah gila dan tukang sihir, saat itu pertma umat yang membenarkan dan mempercayai beliau  adalah Sayyiduna Abu Bakar, maka pantaslah beliau bergelar As Shiddiq, bahkan tidak sedikit diantara mereka yang tadinya beriman, kembali murtad keluar dari syariat. Sungguh keimanan ini intinya adlah membenarkan dan percaya serta pasrah terhadap semua yang dibawa dan diberikan Nabi Muhammad SAW, sebab beliau tidak mungkin berbohong apa lagi berkhianat dalam Risalah Dakwah beliau. Beliaulah Nabi yang mendapat gelar Al Amiin (dipercaya), Ash Shoodiq (sellau jujur) dan AL Mashduuq (yang dibenrkan segala ucapanya). Shollallahu “alaihi wa aalihi wa sallam.

No comments:

Post a Comment